Thursday, March 02, 2006

Married ama BULE

Walaupun aku baru 28 tahun ("baru" ???), gini gini aku udah punya beberapa keponakan, bahkan ada yang usianya cuma terpaut 3 tahun.

Salah satu ponakanku namanya Meme (just say her name Meme from now on, ok ?). Papanya Meme ini kerasnya minta ampun, tangan besi lah pokoknya. Dulu waktu aku masih as-dos (buat yang gak tau, as-dos = assisten dosen), temenku sesama as-dos sempat pacaran ama Meme. Kemudian kandas di tengah jalan, gara-garanya papanya Meme gak setuju dengan alasan kurang kaya. Padahal temenku itu juga not that bad, hanya saja dia masih kalah kaya ama keluarga Meme.

Ini gak hanya terjadi ama temenku itu, aku dengar beberapa kali Meme pacaran atau jalan ama someone, terus gak direstui etc etc. Bahkan yang lebih parah, papanya Meme mencoba menjodohin/nyomblangin Meme ama anak rekan bisnisnya yang lebih kaya.

Aku sampai gak ngerti kenapa sih ngejar kekayaan gak ada habis-habisnya ? Kalau aku di sini mah banting tulang ups banting adonan roti karena gak dapat kerjaan kantoran hahaha apa hubungannya coba ?

Gak lama, abis lulus SMA, Meme ke Melbourne kuliah. Yang aku salut dari orang tua Meme ialah mereka gak manjain dia. Meme gak dilarang kerja, padahal sih gak usah kerja, uang saku udah gak kurang-kurang, lagian kan udah dibeliin apartemen di sana (jadi gak usah bayar rent githu). Di McDonalds (tempat kerjanya), dia akhirnya pacaran ama managernya sendiri yang mana Bule asli Australia.

Memang sih in general Bule Australia ini malas-malas, terus udah culturenya mereka, kalau pas pacaran, having sex buat mereka itu seperti kalau kita orang Indo ciuman bibir aja. Not a big deal ! Tapi itu kan in general, aku pernah nelpon Meme, dia pernah curhat dia bilang pacarnya gak gitu lah. Dia juga tetep menjaga relationship mereka "sehat" dalam artian No Sex before Married.

Reaksi papanya Meme pas Meme bilang mau tunangan dan married ama Bule itu, bisa ditebak, pasti gak direstui. Tapi alasannya itu loh yang aneh .... Dia bilang kawin ama Bule mah bikin sial. Yang bikin aku bingung itu papanya Meme gak setuju lagi karena masalah ekonomi lagi, padahal untuk ukuran bule sini, dia termasuk dari keluarga kaya, karena udah dibeliin rumah sendiri.

Kapan hari pas tunangan, aku diundang, berhubung very short notice, I can't make it. Terus aku janji, bakalan datang pas Meme married. Yang aku gak tau saat itu, kalau papa-mamanya Meme gak pada datang di tunangannya. Tau gitu, aku sempet2in naik pesawat pagi balik malam ke Sydney, kan bisa calling sick di kerjaan (jangan bilang2 managerku yah).

Nanti di pesta marriagenya, papa-mama Meme juga gak bakal hadir lagi. Kalo papanya emang udah wataknya lebih keras dari Titanium, kalo udah gak direstui bakal gak hadir lah. Tapi yang lebih mengenaskan, mamanya udah mau datang, tapi gak jadi karena dilarang ama suaminya itu. Bisa bayangkan gak, punya uang berlimpah ruah, business jalan lancar, property di mana-mana bahkan orang bilang tujuh turunan makan tidur gak habis, tapi gak bisa menghadiri pesta kawin anak sendiri ? Aku jadi trenyuh .....

Pas Meme tau kalau cece dan cecangku migrate ke Sydney, dia langsung sms aku, bisa gak mereka datang ke pestanya. The more the merrier she said, tapi cece cecangku baru aja settle down at Sydney. Kerjaan aja masih serabutan. Dengan terpaksa, mereka menolak. Mana bisa nyari kerja terus bilang boss, kita mau libur seminggu ke Melbourne ?

Aku cross-check ama Meme, ternyata relative yang datang selain aku adalah kokonya. That's it dan beberapa temen Meme. Walah, aku bakal jadi pusat perhatian di Melbourne in which I hate that so much attention to me.

Perasaan ini gak kayak blog, tapi kayak curhatku aja nih ? Ok, Meme, aku turut berdoa semoga perkawinanmu langgeng, sehingga kamu bisa buktiin ke papamu, bahwa dia salah. Aku salut ama kamu yang harus memilih between your boyfriend/fiancee or your dad. Nanti kalo kamu punya anak-cucu, pasti ada someone di Indo yang merasa kehilangan sesuatu yang bisa ia timang. Btw, campuran Bule-Indo biasanya imut-imut.

Hide (still hiding .....)

5 comments:

  1. glanced back at meifi :)
    iya neh, aku masih gak bisa bayangin gimana kalau aku di posisi Meme. Hmm .... Who are you going to choose ?
    Survey membuktikan .... (dari customer yg mampir ke Coles) kalo anak campuran Indo-Bule itu emang imut-imut banget kok

    ReplyDelete
  2. Aku juga mau ah kawin sama bule buat perbaikan keturunan,

    So tugas kamu Owen, cariin dong bule di aussie yang keren...hehehe

    ReplyDelete
  3. Hide...aku jg pernah ngerasain sakitnya Meme dulu2, malah sampe aku yg dikurung dirumah gitu gara2 ortu ku nentang banged pacaran sama bule...well, time healed my wound tapi tetep aja, cinta tuh ga bisa dipaksakan... as much as i respect my parents, i dun respect their decision to meddle in my love life =((

    ReplyDelete
  4. yulie> iya tuh, kita pengennya sih menghormati ortu, gak ada mereka pasti gak ada kita. Kita juga berusaha mencari pacar/calon partner yg baik khan, walaupun beda ras/suku. Sayangnya kadang ada parents yg keras, kokoh kayak batu karang *gosh*

    ReplyDelete
  5. hide> so morale of the story: saya 'jia yoooo'-in abis in case in future dikaw dpt kekasih bule wekekekeke

    ReplyDelete