Tuesday, March 21, 2006

Melbourne

Ternyata menulis buku itu tidak segampang posting blog. Sudah berjam-jam aku spent, beribu ide berkeliaran liar di kepalaku, tapi selalu terganjal pada struktur, grammar dan gaya bahasa, jadinya sampai sekarang baru satu halaman yang kelar *malu* > bukunya kelar tahun 2010 kali wakaka.

Oh ya, btw buat yang mau baca posting ini ...... ada peringatan sebelumnya nih wakaka
WARNING: Excessive posting alias PUANJAANGGG, jadi grab your snack and drink, find a comfy lounge or bed and enjoy. At the end of this posting, you’ll think that you’d been to Melbourne hehehe.

Bete, akhirnya aku putuskan untuk menyelesaiin my homework. Kapan hari kan aku ke Melbourne, holiday sambil dateng ke my niece’s wedding party. *Here it comes, Beve. I always keep my promise*

Tahun 2000 aku pernah ngunjungin Melbourne sih, tapi gak pake tour alias pergi sendiri. So, kemarin ini aku nyoba pake tour, apa bedanya sih.
Aku book the whole package 7-12 March. Tournya berangkat dari sebelah Sydney Entertainment Centre (itu loh depan Mc Donald Darling Harbour) jam 7 pagi. Pas nyampe sana, udah ada 3 bus berjejer. Dari gede, sedang sampe kecil. Aku dengan pedenya langsung nyamperin bus yang gede dan nyodorin tour voucher, eh ternyata salah jurusan, bus itu yang ke Gold Coast. Ooh berarti the next one dong. Lagi-lagi salah, yang kedua ini ke Port Stephen (1 Day Tour). Berarti bus gua yang tiny itu ? Ke Melbourne 12 jam lebih naik ‘lemper’ ini, walah.

Day 1 : 7 March

Ya udah lah, mau gimana lagi. Aboard the bus, aku liat ‘penghuni’nya semua Chinese, I meant bener-bener dari China, Taiwan dan Hongkong. Walhasil, aku curiga jangan-jangan nanti tour guidingnya dalam bahasa Mandarin bukan English. Jackpot ! Pas bus baru berjalan, Jack, the tour guide mulai bercuap-cuap dengan meriahnya dalam Mandarin sambil sesekali pake Kwantung.

Berisik, menyesal sekali aku gak bawa MP3 Player, Discman atau bahkan sumbat telinga, apalagi aku duduk persis di belakang sopir. Tapi ada untungnya sih, ruang kaki lebih lega, bahkan sering nantinya dalam perjalanan kaki aku selonjorin di sebelah supir (ada kursi kecil), selain melepas lelah, juga melepas bau dan sekalian keep the driver awake *bau kaki nih*

Jadi setiap kali kita break, aku sempetin nanya ke si Jack, eh kita abis gini mau ngapain, break berapa lama etc etc. Sablengnya si Jack ini kalo gak ditanyain, juga dengan senang hati gak ngasih tau gw. I wish Beve was going with me, pasti bisa jadi good translator wakaka

Aku sih tau Mandarin dikit banget *sek u fen cung = lima belas menit* *fan = nasi/makan* dan *i fu = baju*. Seharian kita naik bus, beberapa kali mampir di pom bensin atau McD, buat buang air dan beli snack. Asli buosannn *buat yang mau ke Melbourne naik bus, saran gw bawa raket nyamuk, jd kalo udah mulai bored, sentil aja wire-nya dan pastiin ‘on’, dijamin gak ngantuk lagi*. Sepanjang jalan terutama daerah Country area, ngeliatnya sapi berbagai warna, hitam legam, hitam belang-belang dan coklat *sayang gak ada yang pelangi warnanya*, domba dan kambing.

Untung aku sempet beli Daily Telegraph, entah berapa kali aku bolak balik dari depan sampai belakang. Bahkan artikel-artikel kecil yang biasanya gak aku baca aku embat juga, semacam iklan duka, birthday dan bahkan kontak jodoh. Oh yah, kontak jodoh di sini lucu deh, kalo di Indo kan cuma Men looking for Women, or vice versa. Kalau di sini bahkan ada Men looking for Men atau Women looking for Women *giggles, mengelus dada* amit-amit deh.

Aku udah gak harapin hotelnya bakal ‘bener’. Kita nyampe hotel jam 8 malam *finally*. EXPLORER INN di Spencer Street. Ternyata not bad juga, yang pasti deket ama City, jadi cari makannya gampang deket Chinatown, soalnya dari hotel cuman dapet free breakfast. Sayangnya karpetnya agak berdebu, tapi dasar udah capek peduli amat ?

Day 2 : 8 March

Abis makan pagi, kita ngumpul lagi di bus, trus travelling ke Botanical Garden, dimana kita ngeliat taman dengan berjuta bunga dan pepohonannya *gimana sih Wen, kalo taman yah banyak tanamannya lah, kalo banyak binatangnya kan Zoo wakaka*. Ada satu ruangan khusus yang mana full flower deh, ibu-ibu anggota tour-ku udah langsung saling bergaya bak foto model, dan biasa gw jadi tukang foto dadakan. Walau gak bisa English tapi dari bahasa Tarzan-nya mereka gw tau kalo minta difotoin *cukup sodorin kamera, tunjuk tombol yang dipencet dan abis difoto angguk-angguk ‘shie shie’*.

Selanjutnya kita jalan ke Yarra River, naik Cruise-nya. Aku baru sadar kalo jembatan di Melbourne ini dekat banget dengan permukaan air. Fortunately, pas kita cruising, airnya gak terlalu tinggi jadi kita bisa melewati jalur normal, went below the bridges. Di dalam ferrynya ada tour guide dlm English *akhirnya*. Terus nyoba keluar di decknya get some fresh air. Kalo di atas deck, tiap kali mau lewat bawah jembatan, kepala kudu ditundukkan *kalo gak, bisa benjol*

Abis gitu kita didrop di Chinatown, makan sendiri-sendiri. Aku mampir ke Food Court, tertarik ama Eel (itu loh belut). Yuks, maklum makanan Jepang setengah matang, pokoknya ganjal perut lah. Abis gitu, kita jalan lagi ke Rialto Tower, yang katanya bisa liat Melbourne dari atas gedung pencakar langit ini.

Sampe sana, kita ternyata ngeliat movie hasil shootingan dari atas helicopter capturing Melbourne. Lho ? Bayar $18 cuman buat liat film kayak gini ? Kan mendingan ke IMAX yah (btw IMAX ini film layar super lebar kayak di Keong Emas itu loh). *Aku udah mulai geram ‘grrrrrr’ dan siap menggonggong, lho ?* Ternyata abis liat film, kita naik sampe ke top of the building dan liat sendiri Melbourne 360 derajat. Keren juga lho, jadi merasa kecil. Coba kalo aku lompat dari sini, sampe bawah jadi apa yah ? Bubur ayam kali wakaka

Malamnya kita jalan ke Phillip Island (yupe, bener sekali tempatnya MotoGP), kita mau liat Penguin Parade. Sebelum nyampe, kita mampir ke Chinese restaurant, have a dinner. Berhubung ini voluntary alias not included in the package, jadi beberapa orang makan di tempat lain. Yang makan di tempatku itu aku, Jack dan dua pasang manula. Huehuehue, iya loh, aku yang paling muda, jangan-jangan aku salah book neh ikut Senior Melbourne Tour wakaka.

Biasa lah, saling sungkan dan saling mempersilahkan untuk makan duluan. Pas aku unjuk gigi, ambil duluan, aku sempat melirik ekspresi salah satu encim yang sedikit kaget. Eh, bodo amat, kelamaan basa-basi, udah sekali gua silahkan, gak mau inisiatif yah udah *Dasar*
Oh ya, cuaca di Melbourne ini aneh, panas tapi anginnya dingin, tapi aku cuek bebek, cuman pake T-Shirt dan Jeans, kebanyakan mereka udah pada pake jaket. Untuk ngeliat penguin ini, kita pada duduk-duduk di pinggiran pantai, sambil nunggu penguinnya pulang dari laut, balik ke kandang. Hebat banget Australia, atraksi gini aja bisa dibuat tourism object.

Duduk di pinggir pantai (ada tempat duduk kayak di stadion gitu), aku mulai merasa dingin, aginnya kencang gila-gilan. Mana semua orang yang ke situ pada pake jaket atau pakaian dobel. Ohhh pantas kemarin itu si Jack ada mention masalah ‘i fu’ atau baju, mungkin dia ingatin kita untuk pake baju dobel. Walhasil aku merasa naked di antara orang-orang yang berbusana ala orang Eskimo. Pas ditanyain ama orang tour lainnya aku cuman bilang ‘Oh, it’s ok’ Padahal, sambil menelan liur, aku berharap ada yang mau menyodorkan jaketnya wakaka

Lebih dari setengah jam-an menunggu, akhirnya sekitar 8.25 pm, penguin-penguin mini itu berdatangan, kita gak boleh ambil foto/dokumentasi dan gak boleh berisik, karena kalau mereka merasa terusik, mereka balik ke laut bebas lagi. Gila, kecil banget lho, malah kalah tinggi ama burung camar yang berkeliaran di pantai. Pas jalan lucu banget, cute *aku bayangin Beve kalo jalan kayak gini juga kali wakakaka, eh enggak ding inget cute-nya jadi inget Beve ‘Beve emang cute gak sih ?’ *

Udah puas liat penguin, semua langsung ke bus, aku bergegas ke cafe beli Hot Chocolate. Mungkin bibirku udah biru dan mukaku udah putih semua, kata orang cafenya lain kali kalo ke sini bawa baju dobel. *Malu*

Balik ke hotel entah jam berapa udah capek banget. Si Jack kalo nyetir waduh pelan banget *jadi pengen ngambil cemeti dan nyambukin dia biar ngebut dikit wakakaka*. Kata Jack besok pagi breakfastnya jam 7.

Day 3 : 9 March

Jam 7.30 am, abis breakfast, kita jalan ke Souvereign Hill, Balarat, tempat orang dulu menambang emas. Salah satu tempat ‘Gold Rush’ di Australia. Liat-liat Gold Museum, sayangnya emas-nya gak boleh dibawa pulang wakaka. Eh, kebetulan di luar ada Queen Victoria Baton itu loh obornya Commonwealth Games lagi di-estafet-in. Dasar tourist, orang tourku lainnya pada gak mau liat. Padahal local people nya bener-bener menyambut dan memeriahkan, dari eldery people udah queueing di luar nursing home, anak-anak sekolah udah berbaris di pinggir jalan. Memang oang Australia ini nasionalitynya gede banget. Jadinya gak ada yg bisa motoin aku, kan gak enak minta tolong mereka yang lagi mau liat acara estafet baton ini.

Abis lunch di Souvereign Hill ini *biasa di Chinese Restaurant lagiii*, kita jalan ke Twelve Apostles yang ya ampunnn juaauuhhh sekaleee. Twelve Apostles dinamain begini karena bagai keajaiban ombak membentuk sekitar 12-an karang di pinggir laut. Bagus sekali. Tapi sayang karena kita sampai sana jam 2 sore, jadi agak susah kalau mau ambil background karang-karang yang gede karena silau melawan matahari. Jadinya backgroundnya ngambil karang yang kecil-kecil.

Beberapa kali liat helikopter berkeliaran, jadi pengen nyoba, apalagi ada waktu luang cukup lama. Nyampe di depan tempat Sky Sight Seeing, tempat naik helikopter, wah antrinya itu loh, panjang. Iseng aku cek harganya waksss $120 pp (per person, bukan pulang pergi) for around 5 minutes. Gak jadi dehhh

Sore itu pulang agak early, sampe di hotel sekitar jam 7 an. Soalnya mereka sekarang kudu istirahat karena besok perjalanan balik ke Sydney naik bus lagi. Not for me, karena aku mau attend Meme’s wedding *liat postingku : Married ama Bule*, jadi aku udah book hotelnya sampe Minggu pagi.

Oh ya, dasar Jack, dia ngingetin aku besok breakfastnya jam 7 karena jam 7.30 langsung berangkat ke Sydney. Lho ? Aku jelasin, kalo aku stay longer than the rest, eh dia baru ngeh kalo aku gak pulang bareng dia. Malamnya, aku keliling sendiri ke City naik turun trem. Gratis kok kalo di City Circle itu kata Meme. *Ternyata salah info alias enggak gratis* Yang gratis itu cuman trem merah dimodel kuno dengan tulisan “City Circle” wakaka, pas aku cerita ke Meme dan temen-temen di Melbourne, mereka pada nimpalin “Wah hoki, gak ada ticket inspector, kalo gak kena fine sampe $150” Waakks

Day 4 : 10 March

Sudah gak ada tour, jadinya jalan sendiri. Target pertama adalah Queen Victoria Market, tempat beli souvenir such as T-Shirt. Buset, pasarnya jelek amat, udah kayak pasar di Indo gitu, cuman gak becek *bayangin ikut Mommy berbecek-becek ria di pasar Kapas Krampung-Surabaya*. Sayangnya souvenirnya kebanyakan sama aja ama di Sydney, tulisannya AUS, Australia. Susah nyari yang khas Melbourne. Bahkan takjubnya, landmark Sydney such as Opera House, Harbour Bridge souvenir juga dijual di sini. Waduh oleh-oleh buat anak Sydney apa yah ?

Akhirnya setelah explore QV Market, akhirnya ada buah tangan lumayan dua tas. Balik hotel dulu, terus janjian makan ama si Meme, dianya udah cuti sejak hari Senin. Diajak makan di resto Vietnam, Pho kalo gak salah. Terus dikenalin temennya si Fenny (pas ngambil lunch break). Sekalian ketemu Johan, kokonya Meme, yang baru dateng dari Indo paginya.

Aku sempet nanya ke Johan, kok bisa escape dari papanya yang strict itu, dia bilang dia udah beli ticket jauh-jauh hari, lagian dia mau ngurus asset real estate-nya di Melbourne. *Maklum anak orang kaya, mainannya apartement, rumah. Kalau aku mah mainannya masih Play Station wakaka*
Lagian, ternyata pas dia di Melbourne, Johan ini pernah jadi anak buah suaminya si Meme, jadinya some kind of doing them a favour gitu.

Abis gitu, kita berpencar, karena si Meme mau pedicure dan manicure. Aku dianterin Johan keliling Melbourne, masuk State Library-nya, eh ketemu ama Rove McManus pembawa acara Rove Live, dianya lagi bawa QV Baton. Hmmm, mungkin dia abis estafet baton kali yah ? Pas aku liat-liat librarynya si Johan duduk di lobby sambil nelpon sana sini *Business jalan terus*

Malamnya diajakin dinner, tapi aku capek, jadi aku bilang aku mau istirahat aja deh. Aku balik hotel, tapi sekarang udah bayar tremnya, sekalian masuk ke Flinder St. Station, station paling gede di Melbourne, nyobain Belgian Waffle abis kelaparan sih. Enak lho, sampe nambah lagi *enak atau rakus nih ?*

Oh ya, belon cerita pas mandi di hotel, kamar mandinya super mini, shower areanya pas buat orang berdiri dan sekedar menggosok sabun aja. Seringkali kejeduk kiri dan kanan, jadi rindu unit di Sydney yang kumuh tapi agak gede itu. Enaknya kalo di hotel, tiap mandi ganti handuk baru. Kalo di rumah sendiri, sih seminggu sekali udah sukuran ganti handuk.

Day 5 : 11 March

Hari ini udah janjian ama si Johan, mau diajak keliling-keliling ke tempat yang agak jauh. Tapi paginya dia ada appointment ama Real Estate agentnya jadi aku kudu jalan sendiri. Pagi-pagi aku udah niatan mau ke St.Kilda Beach, satu-satunya beach di Melbourne (tahun 2000, aku udah pernah ke sini, tapi udah lupa gmn). Eh ternyata trem yang aku naiki itu lewat Luna Park juga, semacam entertainment centre deket beach. Kalo gak salah tahun 2000, ada permainan lempar bola, lempar koin etc. Nyoba ahh ke sana. Jadi aku mampir ke sana, ternyata udah dirombak, udah gak ada arena main gituan. Ya udah deh, cuman keliling-keliling aja. Lagi males mau naik-naik roller coaster etc.

Gak lama, si Johan udah kelar terus dia jemput aku. Dia sempet nawarin mau gak ke beach. Enggak deh, mendingan ke tempat lain aja. Lunch kita makan di Mekong, another Vietnamese restaurant (guest listnya dari Bill Clinton sampe Jacky Chan). Porsinya gede sampe melembung perutku.

Akhirnya kita ke “waduh apa yah namanya” shopping centre terbesar di Southern Hemisphere. Sialnya kodak aku tinggal di mobil, ngapain pikirku di shopping centre apa yang mau diphoto. Waks, salah dugaan, di sana bagus banget dekorasinya. Lagian ada pameran F1 *I’m start kicking myself*

Sore si Johan kudu balikin mobil ke temennya, jadi aku diturunin ke small station close by. Wah kebetulan, aku mau balik ke Flinder St. Station, mau ngemil waffel lagi. Sampe sana, ternyata kiosnya tutup. Yaaaahhh.

Malamnya kita makan bareng lagi di Ying Thai di Charlton. Ketemu beberapa temen lagi Victor (pacarnya Fenny), Vera (kembarannya Fenny) dan Agus suaminya. Tom Yum-nya uasem, aku makan satu sendok and that’s it. Herannya kata mereka cewek Indo doyan banget makan ini. Pad Thai-nya enak, tapi sayang porsinya kecil banget. Waiter yang ngeladenin kita orangnya sabar banget, padahal perasaan kita nyebelin banget, minta tambah nasi lah, piring kosong lah, sampe dia kudu turun naik. Tapi herannya orangnya masih gendut aja yah, padahal tiap hari exercise kayak gitu wakaka

Day 6 : 12 March

Meme’s Wedding at Kew. Malamnya aku balik ke Sydney naik pesawat *Untung aku naik pesawat, kalau kudu naik bus lagi bisa kecapekan neh*

Untuk Meme’s Wedding Event, rasanya mendingan aku bikin postingan baru aja. Udah kepanjangan neh. Gak kebayang sumpah serapah yang bakal aku dapatkan di komen kalian wakakaka

Hide

14 comments:

  1. Yarra river?? my memory was there and I love the river very much.

    The most beautiful river that i ever seen..i hope i will be there someday...

    Panjang Dear..sangat panjang...panjang sekali...super panjang..

    Gooad Owen i hope you have nice working day...I think you must take time to rest. Don't stay at night just for blogwalking..

    Use your time for sleeping because you have worked hard all day long.

    Best of me Beverly

    ReplyDelete
  2. beve> terharu ama wo tek lao she ini, begitu care ama aku *hik sniff sniff*

    ReplyDelete
  3. fotonya dong hehehhe

    ReplyDelete
  4. setuju ama gita, potonya donk..

    lucu banget ya, semua dalam bahasa mandarin tournya...hahahahha

    ReplyDelete
  5. Owen, gak ada sumpah, apalagi serapah..serasa dpt tour gratis...

    sisca is always positif :)

    ReplyDelete
  6. Hahaha ... saking panjangnya mau komen apa bablas semua :))

    *pasti bro-ku yang satu ini cerewet banget*

    ReplyDelete
  7. gita+ling> masalah foto dipertimbangkan deh. aku cuman khawatir kalo nanti dipasang, kalian pada gak mampir. Soalnya fotoku ama temen kuliah yang ngekost banyak dipake buat ngusir tikus tuhh.

    ling> campur, kadang mandarin, kadang kwantung, gw yg bengong

    sisca> *terharu* ama kepositifan-mu

    hen> *membela diri* bukannya cerewet tapi bawel wakaka

    ReplyDelete
  8. Cengo liatin postnya....gua kudu baca 2 kali lage neh wen... *balek ke post lage dah*

    ReplyDelete
  9. ada sapi warna warni ko
    namanya SAPIDOL

    hahahahahaha

    ReplyDelete
  10. sebenere gpp seh nulis poostingan panjang kek gini gak masalah kok. cuman klo orang kek yutie baca yg notabene orang sibuk. *sok sibuk neh* jadi bersambung deh bacanya. ini aja butuh 3 hari baru selesai baca dan baru bisa ngasih coment.....

    trus la mana oleh yg dibeli di Melbourne . udah tak tunggu2 kenapa lom nyampek juga....

    katanya mo kasih dukungan aku secara materi... wakakaka..... *kok jadi matre beneran neh* gara gara loe neeh.....

    ReplyDelete
  11. yulie> *cengo* gw udah cukup seminggu sekali bolak balik post

    mee-a> SAPIDOL wakaka, SAPIDOL wakaka ..... gak berhenti berhenti nih ketawanya.

    youtea> 3 hari wakaka, hampir ngalahin liburanku di melbourne tuhh. kalo baca nggak usah disepel wakaka
    *gubrak* ganti ngasih dukungan rohani aja wakaka

    ReplyDelete
  12. kakakakak beneran panjang. 7 KM !! hahhaha..untung dah diingetin. so, aku bawak kolak pisang

    ReplyDelete
  13. hwarakadah! Hide, protes ach. aku bisa ngabisin 3 hari buat baca2 semua. tak nyicil dulu.

    ReplyDelete
  14. dian> 7km ? wakakaka perasaan 10 km, hmmm jd pengen kolak pisang jg :P

    tenfams> 3 hari warakadah, kudu ikut lomba spelling indo neh :)

    ReplyDelete