Wednesday, March 29, 2006

Rest In Peace (Daur Ulang)

Posting ini emang daur ulang, abis sayang udah nulis panjang lebar, aku gak tau ada yang baca atau tidak (kecuali Mee-A yang komen di shout), yang pasti gak ada yg ngasih komen, maklum kapan hari pas bikin (tgl 5 March) Hide kan belum populer *ceileh* > Emang sekarang udah ngetop ? Nggak lah, belum lah, baru "tenar" kok wakaka *yg nulis aja pingin muntah, apalagi yg baca* --->

Rahardjo Tirtoatmodjo. Tiba tiba nama itu terlintas di benakku saat ini. Dia adalah mantan dosenku di Petra, lulusan S3 dari France. Begitu banyak kenangan manis dan pahit-ku dengannya.

Cara mengajarnya yang begitu lain dengan dosen-dosen yang konvensional. Interaktif, tidak membosankan. Semua pertanyaan mahasiswanya bisa dijawab dengan memuaskan dengan pendekatan yang sangat praktikal.

Cara mengajarnya inilah yang menumbuhkan kecintaanku pada mengajar, bukan berarti Dosen selalu benar, tapi kita berbagi ilmu.

Sayangnya, ujiannya itu selalu multiple choice. Eh, bukannya multiple choice itu lebih gampang. In general sih emang lebih gampang, tapi gimana gak sewot, kalau pilihan jawabannya itu serupa tapi tak sama such as: A. 1914 B. 1941 C. 1915 D. 1924 Nah lho ……

Begitu dikasih tau kalau ujiannya bakal multiple choice, aku prediksi pertanyaannya bakal general gitu, gak mendetail, jadi belajarnya SKS (Sistem Kebut Semalam) aja. Walhasil, pas ujian, langsung blank.

Temenku si Tomy belajarnya lebih kilat lagi (karena dia gak pernah ngopi slide, jadi pas kita udah selesai belajar dan tidur, baru dia begadang belajar minjem punya kita). Eh ternyata pas keluar hasilnya, dia dapet nilai 80-an sedangkan aku 30-an. Eh ?

Tapi aku gak nyalahin si Tomy sih, dia ini emang jenius kok. Di kelas, gak pernah dengerin dosen, di rumah gak pernah belajar, main game computer or Super Nintendo aja kerjaannya; tapi pas KHS (Kartu Hasil Study) keluar, eh IP-nya 3 lagi.

Ujian pertama kata orang kan penjajakan, jadi sekarang aku udah tau style ujiannya pak Rahardjo gimana. Aku jadi bener-bener serius belajar sebelum ujian, berusaha hapalin hal-hal sampe mendetail. Eh lagi-lagi, hasilnya sama aja, tetap dapat 40-an :(Sebelum UTS (Ujian Tengah Semester), biasanya ada temu wicara antara dosen dengan mahasiswa membahas masalah-masalah proses belajar mengajar. Salah satu mahasiswa bertanya ke salah satu dosen “Pak, kok ujiannya menyimpang dari materi kuliah ?” Dosen yang bersangkutan memberikan tanggapan. Eh, abis gitu, pak Rahardjo ikut menimpali, maksudnya sih bercanda, mencoba menghangatkan suasana “Kalo ujian saya sih gak pernah menyulitkan mahasiswa, hanya inti-inti pelajaran saja yang saya keluarkan di ujian”.

Spontan aja aku bengong, lho kok inti-inti aja sampai mendetail ke tahun-tahun segala yah ? Iseng aku berdiri, mengacungkan tangan terus bertanya “Maaf pak yah, aku rasa bapak ini apa yang diomongkan kok gak sama dengan kenyataan?” Terus aku tambahin contoh konkret ujiannya sendiri. Pak Rahardjo mati kutu bagai disambar geledek. No comment.

Akhirnya UTS tiba, aku udah hopeless lah ama pelajarannya pak Rahardjo. Timbul ide gilaku, aku tantangin si Tomy untuk balapan keluar. Kan ujiannya juga multiple choice kan. Taruhannya yang keluar belakangan ntraktir makan soto.

Taruhan balapan ini jadi keterusan, setiap kali ada ujian pak Rahardjo, either aku atau Tomy yang keluar duluan. Sampe suatu saat pas UAS (Ujian Akhir Semester), udah lebih dari 20 menit, kita berdua masih betah di dalam ruang ujian. Pak Rahardjo terus nyeletuk “Hide, Tomy, ini udah 20 menit lho. Kok belum ada yang keluar ? Tumben ?” Seluruh kelas ngakak. Ya ampun, apa kita ini udah keterlaluan yah, pikirku saat itu. Tapi bodo amat ahh :)

Pak Rahardjo ini juga aktif terlibat dalam pelayanan masyarakat, termasuk kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) membangun desa binaan UK Petra di daerah tertinggal di Mojokerto. Salah satu program KKN ini adalah pembangunan instalasi Listrik Biogas yaitu listrik yang dihasilkan dari kotoran hewan.

Mahasiswa yang tertarik untuk ikut dalam program ini pertama kali dianjurkan untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang Biogas. Aku bener-bener interested ama topik ini, bahkan punya pikiran panjang mungkin cocok dipake untuk bahan Tugas Akhir ? Aku dan Tomy bikin tim bareng bener-bener menganalisa Biogas. Eh, masih setengah jalan, ada kabar kalau tim Biogas dibubarkan, katanya sih gak ada dana yang turun dari UK Petra.

Saat itu, aku bener-bener kecewa ama pak Rahardjo. Kok dia memberikan harapan yang muluk-muluk kalau gak bisa diwujudkan ? Sampe pake ngadain big meeting segala ? Terus apa gunanya aku susah payah mencari data dan bikin makalah segala ? Aku jadi sedikit antipati ama dia, sampe salah satu mata kuliah pak Rahardjo: Otomotif, jangankan belajar, megang materi kuliahnya aja gak pernah. Ujiannya aku bikin tebak ABCD, atau tebak kancing baju, kalo gak terserah feelings. Yah, hasilnya tau sendiri lah, D alias gak lulus. Semester depannya aku kudu ngulang lagi :(

Setelah aku sampai di Australia, aku baru denger dari temen-temen yang masih di Indo, ternyata pembatalan tim Biogas itu bener-bener kesalahan UK Petra. Proposal pak Rahardjo ditolak dengan beragam alasan. Aku menyesal sempat menyalahkan pak Rahardjo.

Beberapa bulan kemudian, aku dapat shocking sms dari Indonesia: “Telah berpulang ke rumah Bapa, Bpk. Rahardjo Tirtoatmodjo pada tgl …. Dan bakal disemayamkan di auditorium UK Petra …..”

Aku langsung sms balik ke Indo “Eh, kalo becanda, jangan keterlaluan dong. Orang masih muda dan sehat gitu kok dibilang mati ?”

Ada sms lagi, dari temen yang lain, beritanya sama. Waduh ternyata berita itu beneran toh ?

Penyebabnya adalah komplikasi Typhus ama Lever. Beliau sempat dirawat 3 hari di RS. Beliau meninggalkan seorang istri dan 2 orang anak (pas itu masih kecil-kecil, umurnya sekitar 5 dan 8 tahun).

Kata temenku, ini juga ada kesalahan dari UK Petra, karena beban kerja yang terlalu berlebihan, dan pas ada keluhan dari pak Rahardjo, tidak ditanggapi dengan serius, bahkan nunggu pak Rahardjo pingsan dulu baru buru-buru dirujuk dan dirawat di RS.

Pak Rahardjo, maafkan aku yah atas kesalahpahamanku selama ini. Hanya posting ini yang bisa aku dedikasikan padamu.

Rest in Peace, pak Rahardjo.

Hide (Hidup matinya manusia di tangan Tuhan)

12 comments:

  1. Owen, saya menyimak sampe abis ceritamu...sumpo loh...kamu sangat berbakat dlm bercerita.

    Ikut mendoakan Bpk Rahardjo almahum, beliau pasti bangga punya murid sepertimu..

    Soal postingan yg sepi pengagum, saya awalnya juga begitu..dulu sempat mikir gimana caranya menarik pengunjung..??? skr kembali mikir...gimana membalas kunjungan mereka agar tidak terlewatkan...so..kalo kamu rada terlewat...maafkeun ya...

    ReplyDelete
  2. sisca> *sangat berbakat dalam bercerita* hmmm belum tau dia, kalau diiringi dengan tari-tarian *walah*

    *gimana cara menarik pengunjung* > kalimat yang sangat berbau bisnis hueheuhee

    *terlewat* kalo terlewat sih masih dimaafkan (kan bisa didaur ulang), kalo terlupakan jangan donnnngg.

    ReplyDelete
  3. Nih ... sebagai salah satu fansmu, aku komen yah :))

    ReplyDelete
  4. Tenang aja wen, Pak Rahardjo pasti tau kok isi hati lo skarang =))...btw, lo kok ngikut2 gua sih pake sistem kebut semalem hehehe and iyahh, gua tuh plg takud ama multiple choice dulu, ato B/S *bnr/slh*, mending suruh essay dah

    ReplyDelete
  5. uuhhh sedih bacanya. semoga arwahnya diterima. kasian ya...apalagi anaknya masih kceil2x

    ReplyDelete
  6. udah pernah baca kayaknya...dimana yach? *garuk2*

    ReplyDelete
  7. hendri> kita berdua simbiosis mutu"fans"alisme wakaka

    yulie> gw gak terlalu milih sih essay or multiple choices as long pertanyaannya gak njelimet atau mendetail and hopefully he knew :)

    dian> amin, iya tuh kejadiaannya tahun berapa yah 2004 kali, *ngelirik ke Mee-A > tahun berapa sih ?* semoga keluarga yg ditinggalin sekarang udah bisa legowo gitu.

    tenfams> namanya juga daur ulang wakaka *mungkin wie salah satu blogger yg udah baca tapi komennya dalam hati aja* :)

    ReplyDelete
  8. Owen tidak kasih komen bukan berarti tidak membaca...bisa karena
    1.komen box error
    2.malas ketik

    Padahal aku paling setia membaca biar panjang sekali tetap aku baca lho..teganya dibilang tak bascas....heuheuhee

    ReplyDelete
  9. Beve> hihihi, apologise sampe submit komen dua kali hehehe

    iya percaya kok kalau lao she membaca tapi masalah setia *hmmmmm*

    ReplyDelete
  10. kek Tomy donk hide, dia yang belajar kilat aja bisa dapet IP 3, masak dirimu yang sering belajar sampai kalah gitu..... tergantung orangnya juga seh... hehehe...*kabur*

    balik agi neeh.... sekalian mo ngucapi, ikut berbela sungkawa atas meninggalnya pak Raharjo, semoga amal dan ibadahnya diterima oleh Yang Maha Kuasa. Amin

    ReplyDelete
  11. ndak tau ko
    lupa tahun brp
    tahun 2002 kayake aku dah lulus
    jadi sekitar 2000-2001an deh

    iya gak nyangka
    orgnya masih muda
    ganteng
    berkarisma
    cinta tuhan
    doh!

    emane rek
    wong seng berguna kok matek disekan
    sakjane org2 seng gak berguna kayak koruptor iku mati disekan ya ko

    kan org2 kayak gitu gak bisa kasi ujian multiple choice
    *lho apa hubungannya ya?*
    hehehehe

    ReplyDelete
  12. youtea> emang kalah ama Tomy kok. Amin

    Mee-A> bandinginnya jauh banget Pak Rahardjo ama koruptor ? aku sendiri lupa taun berapa :(

    ReplyDelete