Wednesday, April 05, 2006

Ten Pin Bowling: Konsentrasi dan Konsistensi




Ten Pin Bowling ? Apaan tuh ? *Gubrak* Waduhhh masak gak pernah main Bowling ? Buat yang gak pernah main Bowling, itu loh olahraga dengan melempar *dengan gerakan mengayun, bukan melempar kayak baseball* sebuah bola hitam *umumnya dengan tiga lubang tempat jari tangan untuk memegangnya* dan diarahkan ke 10 pins *semacam botol dari kayu, umumnya dicat putih*, dengan tujuan menjatuhkan pins itu sebanyak banyaknya. “Oooh Bowling yang itu yaah.” *Syukurlah, akhirnya nyambung*, kalau masih belum nyambung juga, tau ahh gelap.

Dulu kata daddy sih, Bowling di Surabaya pernah ada di gedung Wijaya *semacam Plaza gitu*. Seiring dengan perubahan trend *Surabaya itu very moody dan trend sensitive*, perlahan bowling mulai tergeser dengan other family/business leisure-activities. Apalagi setelah gedung Wijaya terbakar ludes. Jadi, aku cuman tau ooh ini toh yang namanya Bowling dari siaran TV.

Aku pertama kali main Bowling di Sydney diajakin temen-temen. I have a lot of fun lho. Tapi yah namanya pergi ama temen-temen, ngelemparnya juga semau kita, yang penting fun. Gaya yang paling terkenal ialah “Backward Selangkangan alias ngelempar membelakangin pins dari selangkangan wakaka*. Tahun 2000-an Bowling back in to trend in Surabaya again, sedikitnya ada 3 tempat Bowling, di Plaza Marina-Margorejo, AJBS Nginden dan Ka Hong-Go Skate Tunjungan. Jadinya pas 2002, aku mudik ke Surabaya *kudu apply Permanent Resident offshore* juga tertular keranjingan Bowling.

Sambil main, kita lirik kiri dan kanan *bukan cuma ngecengin nonik-nonik yang lagi main di lane lainnya wakaka* tapi juga mencuri ilmu dari yang jago main ataupun keliatan jago main. Suatu hari, kebetulan lane sebelah kita itu ada yang mainnya jago, ditemenin ama seorang bapak yang kayaknya pelatihnya gitu *atau tukang pijitnya kali wakaka*

Entah kasihan atau empati ama kita yang mencoba mengintip, mengagumi dan mencuri ilmu, tuh bapak akhirnya nyamperin kita sambil memberi wejangan *waduh jadi mirip Beve menatar Owen nih*, “Dek, kalo ngelempar bola bowling itu lengannya lurus dan diayun aja *let it flow* dan pas ngelepasnya usahakan semakin rendah jaraknya dari lantai semakin bagus, supaya gak memantul/bouncing” *Hmm kita manggut-manggut* Abis gitu kita pada coba arahan bapak itu, hasilnya ces pleng, langsung lemparan kita pada masuk got semua hahaha”

Melihat sebagian dari kita frustasi dan mulai balik melempar dengan gaya serampangan lagi, tuh bapak datang lagi nyamperin, katanya “Memang kalau merubah gaya lempar yang udah kebiasaan susah, pertama kali pasti bolak balik masuk got, perlu sacrifice”. Udah gitu, kita mencuri ilmu cara jalannya, pertama kali melangkah kaki kiri, kanan, diakhiri kaki kiri, badan bertumpu ke depan, kaki kanan dibelokkan ke kiri dan bola diayun.

Gara-gara memperhatikan gerak tari eh kaki, jadinya lemparan kita yang sudah membaik amburadul lagi. Yah at least we learned something that day. Besok besoknya kita udah lumayan “kelihatan” mahir, malah kita saling adu jauh-jauhan ancang-ancang lemparnya wakaka.

Pas balik ke Australia lagi tahun 2003, aku baru sadar kalau salah seorang temenku dari Jakarta itu adalah Bowling expert. Dia biasanya main bowling at least seminggu sekali di kerjaan dia. Berhubung di Sydney, keliatannya gak ada yang interested, jadinya dia simpen aja bola-bola bowlingnya di rumah.

Suatu saat kita pada nganggur, aku punya ide, gimana kalau kita main bowling aja yang langsung disambut dengan koor kompak “Huuuu, mainan apaan tuh, gak seni lah, gak fun lah”. Dengan semangat 45, 65 dan 08 *Inget gak tuhh pelajaran tahun tahun bersejarah Indonesia ?* akhirnya mereka terbujuk rayuan mautku.

Eh pas kita main, akhirnya mereka mengamini promosi gencarku. Mereka pada enjoy walaupun aku terkekeh kekeh melihat mereka mainnya bukan adu strike *1 kali lempar 10 pins jatuh sekaligus*, tapi adu masuk got. Si Martin sang expert *emang udah keliatan dari gaya lemparnya yang professional booo* mulai memberikan tips tips gimana bowling yang benar. “Ok, next time kita main lagi”

Saking gandrungnya, seminggu bisa 3 kali kita main bowling. Akhirnya melihat “kegilaan” kita, si Martin membawa bola bola ajaibnya yang bisa berbelok sebelum mencium pins. Waduh kita semua takjub bin terbelalak, alangkah indahnya …… Bunyinya begitu merdu “gedubrak” pas strike. Apalagi melihat gaya explosive Martin, kalo lemparannya bagus jadi inget pesepakbola abis bikin gol *untung gak sampe buka buka kaos wakaka*

Martin menyarankan kita untuk mulai membeli bola, karena bola bowling itu custom made alias didrill/bor sesuai jari jari tangan kita sendiri. “Jadi kalian bisa improve mainnya” katanya. Kalau main pake House Ball melulu, gak bisa bedain udah bener atau salah lemparnya. Dan tiap kali kita main, kudu nyesuain lagi dengan bolanya.

Aku pelopor pertama beli bola plastik *istilah untuk bola yang jalannya lurus aja*. Gak lama mereka pada adu beli bola, bahkan go further, beli sepatunya segala *Weisyeh* Saking pakarnya, sekarang mereka udah bisa bedain “Wah lanenya oily/wet nih, atau wah lanenya dry neh, kudu pake bola yang ini dan lemparnya kudu gitu” – waladalah.

Martin sampe bela-belain bikin presentasi, gimana cara main Bowling yang baik dan benar. “Kalo ngelempar itu, yang dilihat bukan pins-nya tapi arrows yg ada di floor”. “Carilah spot dan arrow favourite-mu untuk lemparan pertama, dan yang paling penting be consistent with it.

Bowling adalah olahraga yang butuh konsentrasi tinggi, makanya kalau dua lanes yang berdempetan *sharing ball-pool* itu lemparnya gentian. Jadi kalo di sebelah kiri anda, ada yg udah naik ke platform dan ancang-ancang ngelempar, sepatutnya anda menunggu dia melempar dan baru naik setelah dia turun. Tidak dianjurkan sekali, pas sebelah anda mau ngelempar, you make a funny faces or funny sound such as fart *mengganggu lhooo*

“Bila ada pin yang tersisa misal di kiri atau di kanan, pakailah metode jungkat jungkit. Jadi kalau mau mengarahkan bola ke kiri, spot tempat kita berdiri itu yang bergeser ke kanan, ngelempar bolanya gak perlu dimiringkan, tetep lempar lurus aja, dengan arrow menyesuaikan, nanti bolanya pasti jalan ke kiri” *Ajaib dan terbukti lho*

Posisi ibu jari pas melepas bola itu mengarah ke jam 11. Lebih baik mulai dari awal dibiasakan begini, jadi pas berganti bola ke bola reaktif *bola yang jalannya melengkung* gak perlu susah payah merubah arah lemparan.

Pas melepas bola, jangan ragu-ragu, lepaskan aja, biarkan bolanya bergulir, semakin dekat lantai semakin baik. Badan tetap tegap, lengan lurus dan posisi kaki kiri semakin menekuk semakin baik *biar bola bisa senempel mungkin dgn lantai*, biarkan kaki kanan mengimbangi sendiri, gak usah dibelokkan *Hehehe jadi malu, abis pas liat gaya “otodidak”ku katanya Bowling atau Ballet nih wakaka*

Berhubung kesibukanku yang double job, of course aku gak bisa meluangkan waktu kayak mereka. Jadi kemajuanku juga gak sepesat mereka. Mereka juga pada join league semacam kompetisi mingguan gitu. Dan sekarang kalau kita main bareng, gentian mereka yang ngikik melihat gayaku yang kaku dan kikuk.

Martin aja sampe frustasi, karena tiap kali aku ngelempar selalu lupa/kurang menekuk lutut kaki. Jadi tiap kali mau ngelempar ada aja celetukan “Tekuk, Tekuk, Tegap, Lurus, Konsen”. Yang terakhir agak susah tuhh apalagi kalo ada makhluk-makhluk manis berkeliaran wakaka. Mataku bisa berputar ke belakang dan ke samping sihhh.

Martin sudah 2 years in a row winning The Indonesian Independence Day Bowling Competition (Indonesian Consulate in Sydney), sedangkan rekan-rekanku yang lain si Henry tahun 2005 juara 3, si Andy tahun 2005 juara 5 dan tahun 2004 juara 3. Kalau aku ? Weisyeh, penggembira, lolos babak berikutnya aja kagak wakaka.

Uughh, panjang lagi yah wakaka. Anyway, aku nulis ini karena ada tantangan sesama amatir, sepupuku si Ayung nantangin aku bowling this easter holiday. Biasa lah per game-nya kita taruhan $2-3. Ujung-ujungnya abis main, yang kalah ntraktir makan pake duit itu.

Keliatannya kudu ngurangin blog activities nih, kudu angkat-angkat barbell yang mulai berkarat, terlalu lama disimpan. So anyone fancy a bowling game ? Buat yang serius mau belajar nih boleh diklik: http://cbs.sportsline.com/games/howto/slbl atau http://www.ten-pinbowling.com/how2bowl.htm

13 comments:

  1. *gubraaak*

    Banyak benar yang menanyakan hubungan aku dengan kamu Wen....

    Akan aku jawab di blog aku..tungguin aja...

    *Gubraaak* bisa mau bowling juga...

    Aku juga bisa yang kelempar buka bowlingnya but aku yang terlempar menjatuhkan pin itu...heboh...

    Kakakakaa

    ReplyDelete
  2. tekuk2...tegap...lurus...koq yg ini sama kayak belajar nari, hihihi...

    ReplyDelete
  3. *memandang pin*
    *mencari arrow lane*
    *siap2 memgang bola plastik*

    lalu

    PLUNG!!!!!


    bolanya masuk got!!!!!
    that's why i hate bowling
    udah masuk got
    diketawain koko2 di sebelah lane

    huuuuuuuuuu!!!!!!

    ReplyDelete
  4. wen... biasa maen pake bola nomor brp?? my guess: 12 ato 13 yah hehe.

    *pasti selaen mo nanding bowling, dia jadi nulis ini post gara2 ngeliat tulisan komik bowling king gua huahauauhahuauha*

    ReplyDelete
  5. wah wah gile... puyeng bacanya! hihihi... aku maen bowlingnya cuma di hp doank :P

    ReplyDelete
  6. Wah, dah lama ga main bowling nih... :) Kalo di Jogja sih sementara baru ada 1 tempat doank main bowlingnya. Sekarang dah rada sepi kayaknya, maklum deh kan ini musiman. Sekitar setengah sampe setahun yg lalu sih pas masih rame-ramenya, skarang dah berkurang deh kayanya... :) :) :)

    ReplyDelete
  7. hah wijaya ctr di surabaya ?? eh bokapku ada picnya lhoe lagi maen bowling disana. udha gak ada lagi ya ?

    lakiku lagi sakit punggung. dah 4 bulan gak maen bowling. dulu di batam, hampir tiap minggu. sialnya banyak banget yg ngerokok. pengen gue bunuh tuh smokers

    ReplyDelete
  8. Owen, sekali lagi koment nya tetap sama..kamu pandai bercerita...bikin posting panjang..agak pegal apa ngetiknya...??

    Bowling...??? sisca pernah...satu setangah tahun yg lalu di Sogo Senayan...hehehe..baru pegang bola dah terkilir..gak jadi belajar deh...

    ReplyDelete
  9. Beve> mau nulis posting tentang "hubungan" kita *blinking*
    nambahin utang dong ? kapan hari masih utang "First Love" posting :P

    wie> iya tuhhh, saban aku mau lempar pasti ada celetukan-celetukan miring wakaka, lagian bowling emang ada langkah-langkahnya tuhh

    mee-a> makanya practice makes perfect .....
    susah cemerlang di bowling abis sudut mataku memandang nakal ke lane-lane di sebelah-sebelah wakaka *gak konsen*

    yulie> bolaku 15.5 pounds, padahal biasanya aku pake bola housenya 12-14 doang, tapi kata suhu Martin, kalau beli bola sendiri mendingan naik kelas, rugi kan kalau ke"enteng"an/keringanan.
    iya nih terinspirasi buku komik gempa "BOWLING KING", Easter nanti kalo bowling pake nama BOWLING KONG ahh

    nie> puyeng gara-gara panjang atau gak bisa bowling. whatever the reason, nih *nyodorin panadol*. kalo di hp gak seruuuuuu, mendingan yg asli, cobain deh.

    zilko> iya tuh bowling musiman banget yah, kayak rambutan aja :))

    dian> udah terbakar hangus lama banget, eh sekarang udah dibangun lagi kali yah *garuk-garuk*
    4 bulan gak main bowling, gw 2 bulan kali :(
    kalo di indo emang boleh ngerokok, kalo di sini gak boleh. ada tipsnya untuk buat mereka berhenti merokok sejenak nih, ceritanya lane sebelah perokok berat, trus pas aku ancang2 mengayun bola ke belakang, bolaku lepas *maklum bola house kegedean lubangnya* dan jatuh berdebum gitu, sampe rokoknya orang di lane sebelah jatuh dari mulutnya saking kagetnya wakaka
    *jadi coba aja jatuhin bola kenceng2*

    sisca> baru pegang bola udah terkilir ? bakat alam tuhhh wakaka
    tengkyu buat complimentnya *belum tau dia ada 4-5 draft postingan nunggu dipublish > lagi dikasih wewangian mimosa biar pembaca gak bosen*

    ReplyDelete
  10. wen, asyiknya sih jatuhin ke muka dia hahha...itu pic bokapku 20 tahun lalu hihihi...

    ReplyDelete
  11. owen.. gilakk hebat juga tangan loe ngangkat bola berat gt. cenglieee, kalo mo pesan bola sendiri, mending buat yg berat hehehe. Met berjuang BOWLING KONG!!

    ReplyDelete
  12. AGAIN LONG POSTING ...
    gue juga puyeng baca nya wahaha. gue cuma pengen nungguin cerita bev ttg hubungan Bev sama Owen aja ...
    Gossip Selebriti blogger wakakaa..

    ReplyDelete
  13. dian> jatuhin bola ke muka orang ? *sadis*

    yulie> bukannya 15 itu standard buat cowok yah *garuk garuk ingat-ingat wejangan suhu martin*, apalagi buat BOWLING KONG wakaka

    Ir> perasaan gw yg nelorin blog ttg hubungan Beve-Owen duluan *abis udah kena todong ama Beve*

    ReplyDelete