Thursday, April 20, 2006

Kwepang: Percaya Gak ?

Tengkyu yah buat semua rekan senasib seperjuangan *wakaka apaan seh ?* yang udah mengkhawatirkan Owen *sampe terharu berlinang-linang deh*. Berhubung waktu tidak mengijinkan, akhirnya aku cuman sempet publish 1 postingan yang udah didraft sekian lama. Semoga berkenan dan mengobati kerinduan *hueeekkk*

Sedikit info, aku minggu ini kerja double lagi, both di pabrik dan di supermarket, jadinya super tired dan gak bisa spend berjam-jam blogwalking, padahal kalo sekali blogwalking pengennya sih menggapai semua yang kukenal *cita cita luhur, mumpung besok hari Kartini*.

Buat kaum hawa selamat ber hari-Kartini, kita sebagai kaum adam alias Kartono merelakan kok emansipasi wanita sehari besok *tgl 21* jadi kelarin aja semua kerjaan rumah tangga de es te de es be *kabur ahh, lari menghindar lemparan bakiak-bakiak para ibu Kartini*

Ide postingan ini aku dapatkan pas chatting ama Beve *giggles*

Tau gak “Kwepang” ? Bener gak yah pronounce-nya Kwepang gitu yah ? Itu loh, biasanya buat anak kecil yang suka sakit-sakitan, selidik punya selidik ternyata “ciong” / gak cocok dengan orang tuanya, entah shio-nya atau apanya gitu. Katanya supaya menghilangkan ciong ini, anak itu kudu dijual atau di”kwepang”kan ke orang lain yang shionya lebih cocok.

Pernah denger atau enggak nih ? Aku sendiri adalah contoh konkretnya nih. Karena pas kecil, suka sakit-sakitan. Bolak balik ke dokter, bolak balik sakit tanpa penyebab yang jelas. Selidik punya selidik katanya sih, shioku itu chiong ama shio daddy. Jadinya tiap kali aku manggil daddy “Papa”, langsung sakit. Solusinya aku kudu dikwepangkan, kudu dijual ke orang lain.

Yang ketiban sampur, tetanggaku sendiri, pak Madjid-ibu Lilik. Murah kok, tahun 1980-an aku cuman dijual Rp. 100. *Cuman 100 rupiah ? Aku ambil selusin deh wakaka* Katanya sih cuma buat syarat aja. Jadinya aku punya keluarga angkat dan punya saudara angkat gitu: mbak Trully, mbak Dewi dan Kokok.

Sejak aku mulai mengerti kata-kata, aku taunya kalo manggil daddy itu “Suk Suk” dan kalau manggil mommy itu “Suk Me”. Pas udah sekolah, aku liat teman-temanku yang lain manggil “Papa/Mama”, kok aku enggak yah ? Pas guru di kelas menerangkan juga pakai Papa/Mama gak ada Suk suk/Suk Me. Aku tau kalau mereka adalah Papa/Mama, cuman bingung kenapa bisa beda sebutan yah. *Ternyata dari kecil, Owen ini sudah bisa bingung mode on wakaka*

Aku gak tau gimana, pokoknya suatu hari Mommyku bilang ke aku, ceritain silsilah *hehehe* kenapa aku manggil “Suk suk/Suk Me” ke mereka. Tapi kadang kalau aku terlalu nakal sampe bikin Mommy marah, Mommy suka bilang dengan sarkasme-nya “Enggak kok, kamu bukan anak Suk Me kok. Pas kamu kecil, Suk Me nemu kamu di tong sampah, karena kasihan, dipungut dibawa pulang diangkat anak.” Weeee, sorry aku gak bisa dikibulin hehehe. *Gak percaya mode on*

Percaya gak percaya, abis dikwepang alias dijual, aku udah gak terlalu sakit-sakitan. Namanya anak kecil yah masih ada sakitnya tapi gak se-frequent sebelumnya lagi. Apa ini mbuktiin kalo system kwepang ini benar adanya ?

Pas kecil, aku emang amat sangat nakal *beda dengan pas gede, amat sangat iseng wakaka*. Jadinya Mommy sampe bela-belain nyiapin penjalin rotan dibelah 3 atau 4 *Ngeri mode on*. Biasanya Mommy aku ajak lari-lari keliling rumah. Kalau keliatannya stamina Mommy masih ok untuk keliling rumah beberapa putaran lagi dan aku udah terpojok. Aha. Ada satu jalan keluar, lari keluar rumah, sembunyi di rumah tetanggaku yang nota bene keluarga angkatku.

Mommy yang segan pasti gak nguber aku ke dalam rumah mereka. Lagian sampe di sana, aku pasti ditanyain mau baca buku apa *pak Madjid kan guru merangkap kepala sekolah*, mau makan kue apa. Beberapa jam kemudian aku mengendap-endap balik ke rumah, biasanya timingku tepat sih, pas Mommy ada tamu or udah hilang marahnya. Wakaka.

Aduh, kok jadi panjang lagi postingannya *mengelus jidat*. So, gimana pendapat kalian, percaya gak percaya ama Kwepang. Or jangan-jangan ada yang sama nasibnya seperti aku, korban Kwepang ?

10 comments:

  1. AH KONGGGGG akhirnya dikaw posting lg!! *kangen huehuehue*

    Adek gw yg plg kecil jg tuh CIONG ma ortu, dicariin ortu angkat n dulu plannya mo manggill ortu gua acek / ieie tapi ga jadi , tetp manggil papa mama *papa mama kuadrat jadinya di kasus dd ku*

    trus temenku dulu kecil sakit2an, tapi bukan ciong ama ortu, CIONG ama namanya katanya, jadi digantiin namanya.

    Waduh wen, demi sebongkah berlian yah, kerja yg rajin ya kong!! Kapan donk blogwalk lageh!!!

    ReplyDelete
  2. Wah, kalo di keluargaku (kebetulan / 'beruntung') ga ada tuh di kwepang sgala... :). Menurutku sih bukan ada apa nggaknya, tapi masalahnya percaya apa enggak. He3... . Kalo percaya kadang beneran terjadi loh, sementara kalo enggak ya enggak terjadi... :D

    Shionya apa sih? Kalo ga cocok tuh gimana shionya?? >> kalo aku shionya naga tanah, ga cocoknya sama apa ya??

    ReplyDelete
  3. oooohhh....aku gak pernah denger, wen. iki bisa gak ya aku kwepang. tapi gak akan aku tebus lagi hwhahahahha

    ReplyDelete
  4. Owen, di tradisi tionghua,itu sesuatu yang wajar.
    Sewaktu sakit sakitan, Saya di nisbahkan ke seorang Ibu dokter, entah berapa nilai jualnya, bisa aja deh mama..mungkin maksudnya kalo berobat gratis, tp malah sehat walafiat tuh:)

    Imbalannya, saya dan mama datang tiap lebaran hari pertama, sampai akhirnya ibu itu di tugaskan di tempat lain dan komunikasi jadi terputus.

    ReplyDelete
  5. * pas gue baca Kwepang gue pikir itu sejenis makanan gitu : may be like CaKwe yang di kepang hehehe. *

    ternyata setelah baca isinya baru gue mengerti, dan ternyata lagi gue sendiri pernah ngalamin wen.
    gue juga punya Bapak / ibu angkat , Haji... waktu gue masih kecil gue sih gak terlalu inget kejadiannya gimana...
    yang pasti rumahnya jauh dari rumah gue, agak ke kampung gitu, dan setiap lebaran gue sering di ajakin sama Mama gue kesana bawa biskuit dll gitu..
    Tapi suer deh gue gak tau , sampe elo kasih tau kalo itu namanya Kwenie eh salah Kwepang.

    Wah lagi Hard Working yah, ngumpulin duit nih.. sampe kerja di 2 tempat, sampe gak sempat blogwalking, sampe mengendap2 segala hehehe...

    ReplyDelete
  6. wah murah amat kwepangnya cuma cepek hihi kaya pak ogah aja .

    ReplyDelete
  7. HAHAHA ... cuman lagu cepek? *ngakak abizzzz* teringat pemain bola lupa namanya yang juga ditransper cuma cepek rupiah :))

    ReplyDelete
  8. jual anak jual anak...
    hahahahaha

    cepek dulu dong!
    *inget2 pak ogah*
    saknoe rek di kewpangno..
    100 maneh
    iso tuku piro anak rek

    hahahaha
    biaya melahirkane gak cukup cepek yoooo
    aku sing ngakak pas dicritai koko ambile dr tong sampah

    sampe ngakak2 aku
    hahahahahah
    dulu mamaku ya gitu
    katae aku anake bakul soto ayam didepan rumahku, soale dulu aku kempros

    hahahahah
    *ketok belange*

    ReplyDelete
  9. Owen...ternyata namanya Kwepang ya? aku sih tahu itu tapi tidak pernah tahu namanya...itu kan tradisi cina..yang masih cina bgt...

    Eh coba ya kwepangnya ke orang keren kayak ratu elisabeth..atau.. clinton..gitu..pasti tidak nyesal di kwepang..biar cuma seratus...

    *Kalau aku di kwepang cuma seratus aku paasti protes sama ortu..orang cakep begini cuma laku seratus..keterlaluan...*bercanda*

    yang pentingkan sehat dan tumbuh besaar..spt you sekarang...demi seratus itu kerja keras siang dan malam sampai lupa sama kita...

    Maju terus Wen..Cia you...nanti anakmumu tak kwepang ya...

    ReplyDelete
  10. walah murah banget di "jual"nya km Wen.
    kalo shio kerbo chiong ama shio apa yach...aku dulu sering sakit juga. *kurang gizi?*

    ReplyDelete